Jumat, 10 Februari 2012

Sinar Ultra Violet


Radiasi ultraungu (sering disingkat UV, dari bahasa Inggris: ultraviolet) adalah radiasi elektromagnetis terhadap panjang gelombang yang lebih pendek dari daerah dengan sinar tampak, namun lebih panjang dari sinar-X yang kecil.
Radiasi UV dapat dibagi menjadi hampir UV (panjang gelombang: 380–200 nm) dan UV vakum (200–10 nm). Ketika mempertimbangkan pengaruh radiasi UV terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, jarak panjang gelombang sering dibagi lagi kepada UVA (380–315 nm), yang juga disebut "Gelombang Panjang" atau "blacklight"; UVB (315–280 nm), yang juga disebut "Gelombang Medium" (Medium Wave); dan UVC (280-10 nm), juga disebut "Gelombang Pendek" (Short Wave).
Istilah ultraviolet berarti "melebihi ungu" (dari bahasa Latin ultra, "melebihi"), sedangkan kata ungu merupakan warna panjang gelombang paling pendek dari cahaya dari sinar tampak. Beberapa hewan, termasuk burung, reptil, dan serangga seperti lebah dapat melihat hingga mencapai "hampir UV". Banyak buah-buahan, bunga dan benih terlihat lebih jelas di latar belakang dalam panjang gelombang UV dibandingkan dengan penglihatan    warna    manusia.
Sinar UV itu jika tidak disaring ozon bisa menyebabkan kanker kulit, es di kutub utara dan kutub selatan akan mencair.
UV radiasi elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang di antara cahaya ultraviolet dengan sinar X panjang, yaitu antara 400 sampai 4 nano meter. Dalam rentang 400-300nm, radiasi disebut ultraviolet dekat; dalam rentang 300-200 dikenal dengan istilah ultraviolet jauh. Di bawah 200 nm radiasi disebut ultraviolet ekstrem atau ultraviolet vakum, sebab diperlukan radas vakum agar tidak terjadi penyerapan oleh oksigen di udara. Matahari adalah pemancar radiasi UV yang kuat tetapi hanya UV dekat yang mencapai permukaan bumi sebab ozon di atmosfer menyerap semua panjang gelombang dibawah 290 nm.
Kebanyakan radiasi UV untuk keperluan praktis dihasilkan oleh berbagai jenis lampu uap merkuri. Kaca biasa menyerap radiasi UV, oleh karena itu lensa dan prisma dalam alat UV dibuat dari kuarsa.
Ultraviolet-visible spectroscopy ( UV- visible spectroscopi ), spektroskopi ultraviolet- spektroskopi UV-vis. Teknik dalam analisis kimia dan penentuan struktur. Teknik ini didasarkan pada prinsip bahwa transisi elektronik dalam molekul terjadi dalam daedrah tampak dan ultraviolet dari spektrum elektromagnetik, dan bahwa suatu transisi terjadi pada panjang gelombang tertentu. Spektrometer ini mempunyai dua sumber yaitu sumber ultraviolet dan sumber cahaya putih, yang keduanya menjadikan se3luruh rentang panjang gelombang pada alat. Jika seluruh rentan  panjang gelombang digunakan, maka pada suatu titik  ada pergantian sumber cahaya. Radiasi dari sumber dibagi kedalam dua berkas yang sama intensitasnya. Salah satu berkas dilewatkan pada larutan encer dari sampel sementara, berkas yang lain dilewatkan pada pelarut murni.
mencair dan menaikan permukaan laut.

1 komentar:

  1. Lalu bagaimana pemberian UV ada bayi hyperbilirubinhyperbilirubin?

    BalasHapus